Jumat, 28 September 2012

Netlimiter–Penjatah Bandwidth Internet

Met malam semuanya..Maaf ya baru tulas tulis artikel lagi. Soale lagi kehabisan bahan nih.
Artikel kali ini saya turunkan sebuah software pembagi atau penjatah bandwidth internet.
buat anda-anda admin warnet yang selevel sama saya (nubi atau not so geeky guy..) pasti sering mikir. Gimana sih caranya ngebagi bandwidth tiap komputer supaya rata jatahnya. Soalnya kalo pake model PC-Switch-DSL Modem bandwidth yang ada nggak bisa kebagi rata. Ada yang kebagian bandwidth gede, sedangkan lainnya hanya “setetes”. Apalagi kalo dipake liat video yutub atau streaming media lainnya. Mending kalo situs yang sediain streamingnya ada di jalur IIX. Gimana kalo situsnya ada di..Mars misalnya ? jauh bener kan ?
Kalo anda yang sudah ultra geek sih bisa pake Mikrotik, atau pake server khusus buat ngebagi bandwidth. Tapi buat saya yang baru belajar kalo liat sintaks-sintaks di mikrotik kayanya otak saya belum nyampe..hehehe…(tapi lagi belajar keras !) Jadi kita yang nubi ini kudu cari software yang gampang-gampang aja deh.
Netlimiter adalah salah satu software terkini yang saya ulik. Tugasnya ngapain ? nggak lain nggak bukan adalah sebagai pembatas bandwidth internet di tiap komputer.
Sebagai ilustrasi di warnet saya ada 12 komputer pakai Speedy yang katanya up to 384 kbps. Berarti kalo mau bagi rata perhitungannya adalah :
360 kbps : 12 = 30 kbps tiap komputer.
Kenapa pake itungan 360 kbps ? Kan kata si Speedy kecepatannya up to 384 kbps. Jadi cuma teori aja tuh 384 kbps. Kita pake itungan “pait” nya aja 360 kbps.
Tapi repotnya kalo pake Netlimiter ini harus instal di masing-masing komputer karena kan nggak ada server yang memusatkan koneksi dari jaringan. Yah itung-itung buat belajar mah it’s worth to try laa. Halah..sok english lagi.. ;)
Gimana cara pakenya :
1. Instal dulu Netlimiter. Gampang laa..biasa deh cuma next-next bla bla bla…tapi ingat..setelah instal harus restart dulu biar service-nya jalan. Tapi ini software modelnya trial loh. Jadi kudu beli. Ya terserah deh mau beli mau cari crack bukan tanggung jawab saya loh !
2. Setelah instal akan muncul icon Netlimiter Icon di systray. Klik kanan di icon tersebut trus klik Open.
Netlimiter Main Window
Oke.. di Netlimiter ini cara pakainya nggak susah koq. Netlimiter ini menjalankan tugasnya dibagi menjadi tiga zona :
1. Zona Internet ; Di zona ini ada pengaturan bandwidth untuk sambungan internet
2. Zona Local Network : Di zona ini ada pengaturan untuk bandwidth lalu lintas di jaringan lokal.
3. Zona My Computer : Di zona ini ada pengaturan bandwidth di komputer dimana terinstal Netlimiter atau disebut juga localhost. Bahasa kerennya sih loop back connection.
Untuk pengaturan bandwidth internet berarti kita pake Zona Internet Netlimiter Zone dan biar gampang pake satuannya Kbits (kbps) bukan KBytes (KBps).
Creating Rules
Nah, di jendela utama Netlimiter ada entri software atau services yang sedang berjalan di Windows. Seperti gambar diatas. Kalo mau membatasi bandwidth Incoming (download) untuk Firefox-misalnya, buka dulu Mozilla Firefox, centang kotak pada entri Incoming firefox.exe di jendela Netlimiter, lalu klik angka 40.00 seperti contoh diatas, masukkan berapa kilobits yang ingin dijatah untuk aplikasi tersebut lalu klik Set
Set Value
Untuk membatasi bandwidth di Outgoing (upload) caranya juga sama, hanya yang di-set entri disebelah jendela Incoming. Kalo saya sih nggak saya batasi untuk upload karena jarang yang upload file. Paling attach file di e-mail aja.
Catatan : Saya coba langkah-langkah diatas tapi setelah di cek di Speedtest.net bandwidth download tetap nggak dibatasi (tetap full apa adanya). Jadi saya set di entri root-nya saja. Bukan di entri firefox.exe. Ada yang bisa bantu saya nggak menjelaskan fenomena ini ?

Sampai disini berarti bandwidth anda sudah terbatasi. Coba rasakan bedanya antara Bandwidth limiter disabled dan enabled.
Udah dulu ya..saya sakit perut niiih…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar